Sabtu, 28 Juni 2014

BAAHASA MINANG POPULAIR

Jika memiliki kerabat yang berada di Sumatera Barat, pertanyaan semacam ini akan terlontar ketika Anda baru saja datang. Ini karena bilo tibo berarti kapan sampai?

6. Lamak bana

Lamak bana berarti enak sekali atau enak banget. Kata-kata ini pas diucapkan ketika Anda mencicipi makanan dan memiliki rasa yang enak. Lamak bana juga bisa diucapkan ketika ada orang yang bertanya bagaimana rasa makanan yang baru saja Anda cicipi? Tanpa ragu langsung saja menjawab "Lamak bana!"

7. Rancak bana

Sumatera Barat terkenal dengan keindahan alamnya, dan perbukitan hijau yang mengelilingi. Kata yang tepat digunakan untuk mengekspresikan keindahan itu adalah rancak bana. Ranca memiliki arti bagus/indah/cantik, bana berarti banget atau sekali. Jadi kalau digabung berarti bagus sekali. Kata ini juga bisa digunakan untuk memuji gadis yang berwajah cantik, rancak bana!

8. A ko/A ni?

Mungkin Anda bertanya-tanya, untuk apa kata ini digunakan? Begitu singkat dan padat. A ko berarti apa itu? Sedangkan A ni berarti apa ini? Bisa Anda gunakan untuk menanyakan sesuatu benda atau apa pun.